yang
disimpan oleh
PRAWIRATARUNA.
Digubah
ke aksara Latin oleh :
RADEN
TANAYA
Diterjemahkan
dan diulas oleh :
DAMAR
SHASHANGKA
Purwaka
Pupuh
I
Mijil
(Pembukaan,
Kumpulan Syair I, Lagu ber-irama Mijil)
1. Prana putêk kapêtêk ngranuhi, wiyoganing
batos, raosing tyas karaos kêkêse, têmah bangkit upami nyêlaki, rudah gung
prihatin, nalangsa kalangkung.
Oleh sebab sesak yang semakin
menjadi-jadi, yang muncul dalam hati, terasa bagai diiris-iris, bangkit semakin
tak tertahan lagi, gelisah dan gundah, nelangsa berlebih-lebih.
2. Jroning kingkin sinalamur nulis,
sêrat Gatholoco, cipteng nala ngupaya lêjare, tarlen muhung mrih ayêming galih,
ywa kalatur sêdhih, minangka panglipur.
Ditengah keresahan sengaja aku menulis
untuk menghibur, (menulis) sêrat Gatholoco, maksud hati mencari kejelasan,
sehingga bisa menentramkan hati, supaya tidak sedih berlarut-larut, sebagai
sarana menghibur diri.
3. Kang kinarya bebukaning rawi, Rêjasari
pondhok, wontên Kyai jumênêng Gurune, tiga pisan wasis muruk ilmi, kathah para
santri, kapencut maguru.
Sebagai cerita pembuka, (tersebutlah
sebuah) pondok (pesantren) Rêjasari, ada Kyai berkedudukan sebagai guru,
berjumlah tiga orang sangat pandai mengajarkan ilmu, banyak para santri,
terpikat untuk berguru.
4. Bakda subuh wau tiga Kyai, rujuk
tyasnya condhong, Guru tiga ngrasuk busanane, arsa linggar sadaya miranti, duk
wanci byar enjing, sarêng angkatipun.
Seusai (shalat) Subuh ketiga Kyai (tersebut),
sepakat bersama-sama, ketiga Guru berganti busana, hendak melakukan perjalanan
semua (santri) telah menanti, tepat ketika pagi menjelang, berangkatlah
bersama-sama.
5. Murid nênêm umiring tut wuri, samya
anggêgendhong, kang ginendhong kitab sadayane, gunggung kitab kawan likur iji,
ciptaning panggalih, tuwi mitranipun.
Diiringi enam orang murid mengikut
dibelakang, masing-masing membawa, yang dibawa banyak kitab, jumlah kitab
sebanyak dua puluh empat buah, tujuan perjalanan, hendak bertandang ke tempat
seorang sahabat.
6. Ingkang ugi dadya Guru santri, ing
Cêpêkan pondhok, Kyai Kasan Bêsari namane, wus misuwur yen limpad pribadi,
putus sagung ilmi, pra Guru maguru.
Yang juga berkedudukan sebagai seorang
Guru dari banyak para santri, di pondok (pesantren) Cêpêkan, bernama Kyai Kasan
Bêsari (Hassan Bashori), sudah terkenal akan kepandaiannya, menguasai segala
macam ilmu, sehingga para Guru-pun berguru (kepadanya).
7. Datan wontên ingkang animbangi,
pinunjul kinaot, langkung agêng pondhokan santrine, krana saking kathahipun
murid, ujaring pawarti, pintên-pintên atus.
Tak ada yang mampu mengimbangi,
terkenal dan dihormati, sangat besar pondok pesantrennya, karena memang
muridnya-pun sangat banyak, menurut kabar, beratas-ratus (orang).
8. Amangsuli kang lagya lumaris,
sadaya mangulon, sêpi mendhung sumilak langite, saya siyang lampahnya wus
têbih, sunaring hyang rawi, sagêt bênteripun.
Kembali menceritakan mereka yang
tengah berjalan, bergerak ke barat, tak ada mendung bergelayut sangat terang
langit dikala itu, semakin siang perjalanan mereka semakin jauh, sinar hyang
rawi (matahari), terasa menyengat panas.
9. Marma reren sapinggiring margi,
ngandhap wringin ayom, ayêm samya anyêrêng kacune, tinamakkên ayoming waringin,
pan kinarya linggih, jengkeng sêmu timpuh.
Oleh karenanya memutuskan untuk
berhenti dipinggir jalan, tepat dibawah pohon beringin yang sejuk, segar terasa
semua mengeluarkan sapu tangan ( pada jaman itu sapu tangan yang dipakai
kebanyakan berukuran besar, seukuran handuk mini pada jaman sekarang),
dibentangkan dibawah beringin, dipakai sebagai alas duduk, berjongkok setengah
bersimpuh.
10. Êcisira cinublêskên siti, murid
sami lunggoh, munggeng ngarsa ajejer lungguhe, kasiliring samirana ngidid,
pating clumik muji, têsbehnya den etung.
Tongkat ditancapkan diatas tanah, para
murid telah duduk semua, mengambil posisi duduk didepan ( dan menghadap Kyai
Guru) berjajar-jajar, diterpa hembusan angin, bibir (ketiga Kyai Guru)
berkomat-kamit melantunkan doa, sembari menghitung tasbih (masing-masing).
11. Murid nênêm ambelani muji, dikir
lenggak-lenggok, manggut-manggut sirah gedheg-gedheg, dereng dangu nulya
aningali, mring sajuga janmi, lir dandang lumaku.
Keenam murid mengikut berdoa,
berdzikir kepalanya melenggak-lenggok, mengangguk-angguk kadang
bergeleng-geleng pula, belum begitu lama lantas melihat, seorang manusia,
(buruk rupa) bagaikan seekor burung gagak yang tengah berjalan.
Pupuh II
Dandanggula
(Kumpulan Syair II, Lagu ber-irama
Dandanggula)
1. Êndhek cilik remane barintik, tur
aburik wau rainira, ciri kera ing mripate, alis barungut têpung, irung sunthi
cangkême nguplik, waja gingsul tur pêthak, lambe kandêl biru, janggut goleng
sêmu nyênthang, pipi klungsur kupingira anjêpiping, gulu panggêl tur cêndhak.
Berpostur pendek dan kecil dengan
rambut keriting, kulit wajahnya kasar, bermata kera (arah pandang mata yang
tidak normal), alisnya tebal dan bertemu ujung keduanya, hidung pesek mulut
maju, gigi gingsul besar berwarna putih, bibirnya tebal berwarna biru, janggut
tumpul (tidak runcing) dan melebar jelek, pipinya kempot bentuk daun telinga
maju (seperti telinga gajah), sedangkan leher besar dan pendek.
2. Pundhak brojol sêmune angêmpis,
punang asta cêndhak tur kuwaga, ting carênthik darijine, alêkik dhadhanipun,
wêtêng bekel bokongnya canthik, sêmu ekor dhêngkulnya, lampahipun impur, kulit
ambêsisik mangkak, ambêngkerok napasira kêmpas-kêmpis, sayak lêsu kewala.
Pundak turun seperti luruh kebawah,
tangannya pendek dan besar, jari jemarinya tidak rapi jelek, dadanya kempis,
perut buncit kecil pantat kecil, lututnya kecil, tidak rapi saat berjalan,
kulit tubuh seolah bersisik dengan warna gelap, saat bernafas suaranya
terdengar dan tersengal-sengal, bagaikan orang yang tengah kelelahan.
3. Bêdudane pring tutul kinisik, apan
blorok kuninge sêmu bang, asungsun tiga ponthange, bongkot têngah lan pucuk,
timah budhêng ingkang kinardi, cupak irêng tur tuwa, gripis nyênyêpipun,
mêlêng-mêlêng sêmu nglênga, labêt saking kenging kukus sabên ari, pangoturik
den asta.
Pipa rokok yang dibawa berasal dari
pohon bambu berukuran kecil yang digosok, warnanya kuning bersemu merah,
diberikan hiasan pada tiga tempat, dibagian pangkal tengah dan ujung, timah
hitam yang dipakai hiasan, terlihat jelek berwarna hitam pekat, dibagian untuk
menghisap telah gripis (sedikit rusak), berminyak kehitam-hitaman, karena
setiap saat terkena asap, walaupun begitu tetap saja dipakai.
4. Kandhutane klelet gangsal
glindhing, alon lenggah cakêt Guru tiga, sarwi angempos napase, kapyarsa
sênguk-sênguk, gandanira prêngus asangit, tumanduk mring panggenan, santri
ingkang lungguh, Gatholoco ngambil sigra, kandhutane têgêsan kang aneng
kendhit, gya nitik karya brama.
Bekal yang dibawa adalah candu tiga
gelintir, pelan mengambil duduk dekat dengan ketiga Guru, terdengar suara
nafasnya, tercium bau badan yang tidak sedap, prengus (istilah Jawa untuk
mendefinisikan jenis bau yang mirip dengan bau kambing) sangit (istilah Jawa
untuk mendefinisikan bau dari sisa pembakaran), menebar ke sekeliling, ditempat
mana para santri tengah duduk, Gatholoco segera mengambil, bekal yang tersimpan
dalam buntalan yang terikat dipinggangnya, lantas memantik korek api.
5. Nulya udut kebulnya ngêbuli, para
santri kawratan sêdaya, asêngak sanget sangite, murid nênêm tumungkul, mêrgo
sarwi atutup rai, sawêneh mithes grana, kang sawêneh watuk, mingsêr saking
palênggahan, samya pindhah neng wurine guruneki, nyingkiri punang ganda.
Seketika asap rokok menyebar, semua
santri terganggu, sêngak (istilah Jawa untuk mendefinisikan bau dari benda yang
kotor) sangat sangit (lihat keterangan di syair: 5 diatas), kontan keenam murid
mengalihkan pandangan dari Gatholoco, sembari menutup wajah (karena terganggu
asap berbau tidak sedap), seorang lagi memencet hidung, seorang lagi
terbatuk-batuk, segera mereka bergeser, duduk dibelakang para guru mereka,
menghindari bau yang tak sedap.
6. Guru tiga waspada ningali, mring
Wajuja ingkang lagya prapta, kawuryan mêsum ulate, sareng denira nebut,
astagapirullah-hal-ngadim, dubillah minas setan, ilaha lallahu, lah iku manusa
apa, salawase urip aneng dunya iki, ingsun durung tumingal.
Ketiga guru memperhatikan dengan
seksama, kepada Wajuja (diambil dari nama sekelompok makhuk bar-bar pengganggu
yang tertulis dalam Al-Qur’an, yaitu Ya’juj wa Ma’juj) yang baru datang ini,
terlihat tidak patut tingkahnya, hampir bersamaan mereka berucap,
Astaghfirullahal ‘adzim (Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung),
Audzubillahiminassyaithon (Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan),
Laillahailallahu (Tiada Tuhan selain Allah), Manusia apakan ini? selama hidupku
didunia ini, aku belum pernah menjumpai.
7. Janma ingkang rupane kayeki, sarwi
noleh ngandika mring sabat, Padha tingalana kuwe, manusa kurang wuruk, datan
wêruh sakehing Nabi, neng dunya wus cilaka, iku durung besuk, siniksa aneng
akherat, rikêl sewu siksane neng dunya kuwi, mulane wêkas ingwang.
Manusia yang berwujud seperti ini,
sembari menoleh berkatalah kepada para sahabat (para santri), Lihatlah itu,
manusia kurang pengajaran, tidak mengenal Para Nabi, didunia sudah celaka,
belum kelak, disiksa di akherat, berlipat seribu siksaannya lebih dari siksaan
didunianya kini, oleh karenanya aku berpesan.
8. Ingkang pêthel sinauwa ngaji, amrih
wêruh sarak Rasulullah, slamêt dunya akherate, sapa kang nêja manut, ing
saringat Andika Nabi, mêsthi oleh kamulyan, sapa kang tan manut, bakale nêmu
cilaka, Ahmad Ngarip mangkana denira eling, Janma iku sun kira.
Yang rajin dalam mengaji, supaya
mengetahui syari’at Rasulullah, akan selamat dunia akhirat, barangsiapa yang
berkehendak menurut, kepada syari’at Baginda Nabi, pastilah akan mendapatkan
kemuliaan, barangsiapa yang tak menurut, bakal menemukan celaka, begitulah
pesan dari Ahmad Ngarip (Ahmad ‘Arif), Manusia itu aku duga.
9. Dudu anak manusa sayêkti, anak
Bêlis Setan Brêkasakan, turune Mêmêdi Wewe, Gatholoco duk ngrungu, den wastani
yen anak Bêlis, langkung sakit manahnya, nanging tan kawêtu, ngungkapi
gembolanira, kleletipun sajêbug sigra ingambil, den untal babar pisan.
Bukan anak manusia sesungguhnya, akan
tetapi anak Iblis Setan Brêkasakan (makhluk yang tidak karu-karuan hidupnya),
keturunan Mêmêdi (makhluk yang menakutkan) atau Wewe (Jin perempuan yang
berwujud jelek), Gatholoco mendengar akan hal itu, disebut sebagai anak Iblis,
sangat-sangat sakit hatinya, akan tetapi didiamkan saja, membuka gembolannya
kembali, diambilnya candu sekepal, dimakan sekaligus semuanya.
10. Pan sakala êndême mratani, mrasuk
badan kulit dagingira, ludira otot bayune, balung kalawan sungsum, kêkiyatan
sadaya pulih, kawistara njrêbabak, cahyanipun santun, Guru tiga wrin waspada,
samya eram tyasnya ngungun tan andugi, pratingkah kang mangkana.
Seketika mabuklah dia, candu merasuk
badan kulit dan dagingnya, darah otot dan kekuatannya, tulang dan sumsumnya,
seluruh kekuatan terasa pulih, dapat dilihat dari wajahnya yang memerah, cahaya
wajahnya kembali, ketiga Guru waspada mengamati, heran hati mereka tak bisa
memahami, kelakuan yang seperti itu.
11. Abdul Jabar ngucap mring Mad
Ngarip, Lah ta mara age takonana, apa kang den untal kuwe, lan sapa aranipun,
sarta manêh wismane ngêndi, apa panggotanira, ing sadinanipun, lan apa tan adus
toya, salawase dene awake mbasisik, janma iku sun kira.
Abdul Jabar berkata kepada (Ah)mad
Ngarip (Ahmad ‘Arif), Segeralah kamu tanyai, apa yang dimakannya barusan, dan
siapa namanya, dan lagi rumahnya dimana, apa pekerjaannya, pekerjaan
sehari-harinya, dan apakah tidak pernah mandi, sehingga kulitnya bersisik,
manusia ini aku kira.
12. Ora ngrêti nyarak lawan sirik,
najis mêkruh batal lawan karam, mung nganggo sênênge dhewe, sanajan iwak asu,
daging celeng utawa babi, anggêr doyan pinangan, ora nduwe gigu, tan pisan wêdi
duraka, Ahmad Ngarip mrêpeki gya muwus aris, Wong ala ingsun tannya.
Tidak mengetahui syari’at dan
larangannya, najis makruh batal apalagi haram, hanya menuruti kesenangan
sendiri, walaupun daging anjing, daging celeng maupun babi, kalau suka pasti
dimakannya, tak memiliki rasa jijik, tak takut akan durhaka, Ahmad Ngarip (Ahmad
‘Arif) mendekat dan segera berkata, Hai manusia jelek aku hendak bertanya.
13. Lah ta sapa aranira yêkti, sarta
manêh ngêndi wismanira, kang tinannya lon saure, Gatholoco aranku, ingsun janma
Lanang Sujati, omahku têngah jagad, Guru tiga ngrungu, sarêng denya
latah-latah, Bêdhes buset aran nora lumrah janmi, jênêngmu iku karam.
Siapakah namamu sesungguhnya? Dan lagi
dimanakah rumahmu? Yang ditanya menjawab pelan, Gatholoco namaku, aku manusia
Lanang Sujati ( Lelaki Sejati ), rumahku ditengah-tengah jagad, Ketiga Guru
mendengar, bersamaan mereka tertawa terbahak-bahak, Monyet! Busyet! Nama tidak
umum dipakai manusia, namamu saja itu sudah haram!
14. Gatholoco ngucap tannya aris, Dene
sira padha latah-latah, anggêguyu apa kuwe, Kyai Guru sumaur, Krana saking
tyasingsun gêli, gumun mring jênêngira, Gatholoco muwus, Ing mangka jênêng
utama, Gatho iku têgêse Sirah Kang Wadi, Loco Pranti Gosokan.
Gatholoco tenang bertanya, Kenapa
kalian terbahak-bahak? Mentertawai apakah? Kyai Guru menjawab, Hatiku sangat geli,
heran kepada namamu, Gatholoco berkata, Padahal itu adalah nama utama, Gatho
itu artinya Kepala Yang Dirahasiakan ( Gathel : Penis ), Loco artinya Dikocok.
15. Marma kabeh padha sun lilani,
sakarsane ngundang marang ingwang, yekti sun sauri bae, têtêlu araningsun, kang
sawiji Barang Kinisik, siji Barang Panglusan, nanging kang misuwur, manca pat
manca lêlima, iya iku Gatholoco aran mami, prasaja tandha priya.
Maka aku rela jika kalian semua, mau
memanggil aku apa, pasti aku akan terima, tiga namaku, yang pertama Barang
Kinisik ( Barang yang sering digosok-gosokkan kepada lobang), satunya lagi
Barang Panglusan (Barang yang sering dihaluskan dengan cara dikeluar masukkan),
akan tetapi yang terkenal, di empat penjuru angin bahkan di-lima penjuru angin,
ialah Gatholoco, tanda seorang pria sejati.
16. Kyai Guru mangsuli Tan bêcik,
jênêngira iku luwih ala, jalaran bangêt sarune, karam najis lan mêkruh, iku
jênêng anyilakani, jênêng dadi duraka, jênêng ora patut, wus kasêbut jroning
kitab, nyirik karam yen mati munggah suwargi, kang karam manjing nraka.
Kyai Guru menjawab Tidak patut, namamu
itu sangat-sangat jelek, karena sangat tabunya, bukah hanya makruh tapi sudah
najis bahkan haram! Itu nama yang mencelakakan, nama yang membuat orang menjadi
durhaka, nama yang tidak patut, sudah disebutkan didalam kitab, apabila
menghindari hal-hal yang haram jika meninggal kelak pasti akan naik ke surga,
yang tidak menghindari hal-hal yang haram pasti kelak masuk neraka.
17. Gatholoco menjêp ngiwi-iwi, gya
gumujêng nyawang Guru tiga, sarwi mangkana ujare, Sarak-ira kang kliru, sapa
bisa angêlus wadi, yêkti janma utama, iku apêsipun, priyayi kang lungguh
Dêmang, myang Panewu Wadana Kliwon Bupati, liyane ora bisa.
Gatholoco mencibir memperolok-olok,
lantas tertawa memperhatikan ketiga Guru, sembari berkata demikian, Pemahamanmu
atas syari’at salah! Siapa saja yang mampu mengerti rahasia (proses penciptaan
melalui sexualitas), dialah manusia utama, hal inilah kelemahan, seluruh
manusia walaupun berpangkat Dêmang, berpangkat Panêwu berpangkat Wadana
berpangkat Kliwon maupun Bupati sekalipun, semuanya tidak ada yang memahami.
Posting Komentar